Recent Posts

Minggu, 20 Desember 2009

Adekku, Kevin Marshall (copy from my sister.)





Suatu hari, beberapa minggu setelah 19 juli 1991 , Enyak bawa benda aneh ke rumah.agak - agak mirip gw, cuma yang pasti lucuan gw, dan yang pasti cantikan gw! (gak bisa dipungkiri!)

Gw terpana liat benda yang masih sok imut itu di mata gw. Pada saat itu mungkin si Enyak bilang ke gw "Ini adeknya shelly, loh...". Gw kagum, cuma masa bodo aja, pura - pura cuek. Wlau dalam batin gw, udah ada feeling tentang ketenaran gw sebagai anak paling imut di komplek bakal surut seiring datangnya adek gw itu.

Awalnya gw gak terima harus berbagi kekayaan mainan gw ama tuh benda mungil bernama kevin. Syukurlah kaos ama celana gw yang gambar boneka beruang berpita gak jatuh ke tangannya! Alhamdulillah. Ya... gak 'match' aja kan, adek gw pake baju boneka berpita, tambahin aja pita sekalian dikepalanya! jadilah kami saudari! 

Tapi Lama - lama... Rasa sebel gw bisa surut...
seiring dengan manjanya dia tidur - tiduran seenak ati di pangkuan gw, ampe kaki gw semutan!
seiring dengan polosnya nangis - nangis di hadapan gw karena blm dibikinin susu
dan cara dia menguap 'ala bayi' yang sok imut itu...
dan mata lo itu dek! bening! dan gw paling gak tega liat lo nangis!
akhirnya...
niat gw buat nendang lo sirna...

gak tega gw...
lama - lama gw perhatikan... adek gw klo pake baju putih pas bayi dulu, kayak 'Lemper'. Itu loh, sejenis makanan yang kayak dari beras.
Pipinya tembem apalagi klo dia nunduk nahan boker ampe mukanya merah.
kakinya gak berhenti tendang sana - tendang sini, gw pegang aja tuh kaki! merasa ruang geraknya tertahan oleh gw, mulai deh dia keluarin jurus 'oeee...oeee...' sampai si enyak datang, gwww.... lagi yang kena marah.

pas dia udah 1 tahunan, trus gwnya 2 tahunan, gw makin jahil aja ke dia.
Semua benda gw bawa...
gw tawarin main sepatu... eh dia gak doyan...
boneka doaremon warna merah gw... eh dia gak doyan juga...
NAH! Pas gw bawa 'Kemoceng' itu loh! bulu ayam buat bersih - bersih! dia njerit - njerit! nangis gak ketulungan! 
Ahaaaa.... akhirnya kakakmu ini mengetahui titik kelemahanmu, dik... hahahaha! 'BULU AYAM!'

semakin kami tumbuh, kami belajar banyak. Salah satu skill baru yang diajarkan si Enyak adalah skill berbisik. Alhamdulillah aku mampu menginterpretasikan skill tersebut dengan baik. Tapi tampaknya ada kesalahan dalam diri adek gw. Selagi gw bisik - bisik mulut ke telinga, dia malah bisik - bisik dari telinga - ketelinga....

bagus.... sekejap saja rahasia perusahaan kita tentang gw masukin pasir ama maenan gw ke vespa papa sampe mogok - mogok terlacak! Lagi - lagi habislah gw gara - gara lo!


Akhirnya kita TK juga dan semakin menyadari bahwa kita hanya berdua. Pelajaran pertama kita adalah 'bhineka tunggal ika' dan 'bersatu kita teguh bercerai kita runtuh' kedua pelajaran itu kita terapkan ketika melawan musuh besar kita "GILANG PERDANA". 
Kita udah siap tempur! Batu udah ditangan, modal berani mati juga udah di asah...
kita maju...
dengan pikiran sempit "2 Lawan 1 gak mungkin Gilang bisa menang"
Tapi lagi - lagi...
ujungnya kita pulang berdua nangis - nangis dengan batu yang masih di tangan...
Tpai alangkah bangganya kita ketika si "GILANG PERDANA" itu nangis. Karena satu TK tau, gak ada yang bisa buat gilang nangis.

SD Kartika.
Gw selalu anggap lo pengganggu hari - hari gw. Gw anak yang selalu berusaha tampil terbaik dimanapun gw berada sementara Lo, lo lupa bawa buku, lupa bawa penggaris, lupa bawa pensil, lo blom hapal ayat pendek pas agama, kabur ke kelas gw, gak tau jawaban ujian, lo datang ke kelas gw, gak ada duit, lo datang ke kelas gw, ongkos angkot juga, lo nebeng gw lagi. Makanan juga lo nebeng gw! apa sih yang gak lo tebeng2-in! Dan sebelnya lagi dengan tak tahu balas budi lo pukulin juga gw dirumah!

Padahal klo lo dijahilin di SD, lo pasti ngadu ke gw! pasti gw yang ngehajar orang - orang yang ngejahilin lo! sampe gw heran! lo ini, kuat di kandang, gak berani di lapangan! sedangkan gw, berani ama semua orang kecuali lo! 




SMP Negri 7.
Sebenarnya dulu dihidup gw, gw berharap lo gak satu sekolah ama gw lagi, tapi emang dasarnya kita jodoh kali ya... nyampe juga lo di sekolah gw! tapi kali ini lo agak kurang merepotkan karena pas lo masuk siang, gw masuk pagi dong! tapi tetep... lo tungguin gw di depan gerbang kayak preman pasar! lo tagih duit yang duit gw juga! dengan alasan "Kak... disuruh beli kertas warna... bla... bla.... bla..." Secara! gw klo masalah edukasi, pasti gak pelit! apalagi jarang - jarang kal Lo mau belajar, apalagi beli kertas warna! tapi alangkah terhinanya gw, ketika uang gw itu lo pake makan es krim teng! teng!

SMA yang berbeda.
Akhirnya kita pisah juga.
awalnya gw girang banget pisah ama lo! Bebas idup gw!
lagian lo juga yang minta gw pergi dari rumah kan yak?!
tapi jujur... di hati gw yang paling dalam, gak nyangka gw merasa kehilangan lo juga!
gak tau dah gw kenapa, gak ada temen sparing tinju kali ya?
Kangen juga gw maki - maki lo!


Kuliah.
Lo sering telpon gw tengah malem buat cerita klo lo sedang jatuh cinta atau tentang apa aja yang lo alami, tentang sekolah lo, tentang semuanya...
kadang gw merasa miris banget, gak bisa bantu lo sebagi kakak...
gak ada di samping lo jg waktu lo butuh gw sebagai teman...
tapi sejauh ini, kita masih sodara...

coba lo inget!
An Ordered List:

dulu kita mandi satu bak

Kita pernah hanyut berdua di sembahe

- Lo pernah muntah di tempat tidur, dan gw dengan terpaksa bersihin...

Adek mana yang tega mau nye-murai kakaknya!

duit gw udah berapa juta lo habisin!!!

Gara - gara gw khawatir lo gak balik ke rumah, gw jalan kaki bolak - balik dari plasa millenium ke rumah, eh lo nya malah udah nyantai di rumah!

Sepeda gw lo ilangin!

Pulpen ama kalkulator gw lo colongin!

Boneka gw! lion king! lo cukurin kumisnya!

Celengan babi kesayangan gw, lo pecahin!

surat cinta dari fans gw, lo pamerin ke mama!

Ngompol di kamar gw lagi!




Dan sampe sekarang gak nyangka kita udah sebesar ini, dan kita masih jauh...
Gw tahu gw gak sempurna jadi kakak lo yang baik, tapi gw berusaha...
dan seiring berjalannya waktu gw liat proses lo dewasa...
lo jatuh cinta dan lo berkarya...
lo jadi sosok yang lebih tinggi dari gw, pendiam dan dewasa... padahal dulu gw jauh lebih tinggi dari lo...
ketika gw menyadari semakin lama... gw malah semakin lemah, sementara lo semakin kuat!
Gw semakin cengeng dan lo semakin tangguh!
sekarang... mungkin lo yang melindungi gw, bukan sebaliknya...
lo yang banyak nasehatin gw, bukan sebaliknya...
mungkin... udah saatnya gw manggil lo 'abang'... bukan 'adek' lg...

Dan betapa beruntungnya Gw, punya sodara satu perut seperti Lo! Dan buat lo, adekku... doa gw selalu dalam hidup lo! jadilah bagian keluarga terbaik!
At least... meski kita sibuk dengan 'dunia dewasa' kita masing - masing..., yang namanya saudara tetap saudara...



Nb: Sebenernya ini notes mau gw kirim pas ultah lo! tapi sayangnya gw lupa klo gw nulis ini, dan baru gw liat tadi pagi di laptop gw dengan tidak sengaja!

1 Komplain:

Anonim mengatakan...

kereeennnnn aku jadi kangen kakakku yang di bengkulu aku sampe nangis (lebay) tapi jujur aku bekaca kaca hahaha

Posting Komentar